Kawah Laut Penyebab Tenggelamnya KRI Nanggala? Begini Penjelasan Pakar Geofisika

Kawah Laut Penyebab Tenggelamnya KRI Nanggala? Begini Penjelasan Pakar Geofisika

BANYUWANGI - Kawah dengan kedalaman 10-15 meter ditemukan dilokasi dekat kapal selam KRI Nanggala 402 tenggelam. Penemuan itu dilaporkan militer China yang dikerahkan membantu operasi penyelamatan KRI Nanggala.

Dilaporkan Jpnn.com, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto menyebut bahwa kawah tersebut diperkirakan adalah lokasi tenggelamnya badan tekan (pressure hull) KRI Nanggala 402. 

Penemuan kawah bawah laut itu disoroti Pakar Geofisika dan Pengajar Teknik Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Mahmud Mustain. 

Mustain menduga kawah yang berdekatan dengan lokasi karamnya KRI Nanggala 402 itu disebabkan aktivitas gunung berapi di sekitarnya. Menurut dia, ada kemungkinan magma salah sasaran dan mencari daerah yang lemah. 

\"Ketika tidak mampu menembus ke atas dia akan mencari sekitarnya sehingga di situlah akan terjadi tembusan panas dalam bumi,\" kata dia, Kamis (20/5). 

Secara teori, lanjutnya, hal itu bisa terjadi meski fenomena tersebut sangat tak umum. Apalagi selama ini belum ada penelitian yang menguatkan temuan kawah di dasar laut utara Bali tersebut. 

Dia menjelaskan, penurunan muka tanah di dasar laut utara Bali juga bisa terjadi akibat aktivitas pertambangan minyak dan gas bumi di sekitar sana.

Seperti wilayah yang bawahnya banyak disedot minyak kemudian mengalami penurunan permukaan.  \"Itu bisa amblas jika disebabkan material oil dan gas (yang disedot,red),\" jelas dia. 

Baca juga:

Brak!!! Pagar Alun-alun Indramayu Dibongkar

Pak Guru Kirim Pesan Genit ke Ibu Ketua DPRD, Sampai Berani Minta Foto

Jalan di Lantai Kaca Pakai Rok, Wanita Ini Direkam Bapak-bapak dari Bawah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: